Sinyal Susah ? Pake aj Kaleng..

Posted: May 13, 2010 in Tips n Trik

Sekedar ingin berbagi, mungkin didaerah anda bermukim tergolong padat penduduk, atau kanan-kiri rumah anda tengah tertutup oleh para pencakar langit, atau mungkin tempat anda bermukim tergolong daerah yang belum ada peradaban atau belum pernah terjamah oleh manusia lain kecuali anda sendiri yang mengakibatkan para Engineer Telco pun sampai enggan untuk menginstalasi BTS didaerah anda bertempat tinggal. Apalagi kebutuhan akan koneksi internet sangat menjadi prioritas.

Ada apa dengan tulisan ini? Oke.. tujuan utama adalah memberikan solusi untuk anda yang membutuhkan koneksi internet, tapi sinyal gak ada, kalaupun ada sangat kecil, giliran sudah lumayan besar sinyal yang diperoleh tapi koneksi sering putus tiba-tiba, (based on true story), hari Selasa ketika ingin berselancar internet malam hari ternyata signal lemah banget, sering putus, klo prediksi speed mungkin hanya bisa mencapai 16 kbps (latency diakibatkan karena signal lemah), nah klo udah gitu kesel banget khan? udah bayar katanya speedy jadinya slowly, yang katanya fastnet jadinya slownet, yang katanya broadband jadinya bearbrand (susu beruang..Lho koq?), gara-gara gak tahan nungguin modem meng-eskalasi sinyal akhirnya maen-maen ke Dapur dan gak sengaja liat ada kaleng bekas biskuit, dan kaleng bekas itu ane coba untuk eksperimen,

yupe ini dia kalengnya… dan juga berikut eksperimennya..

Eksperimen cukup dengan mencemplungkan modem ke dalam kaleng secara acak, lebih baik pada posisi tengah, karena setelah dicoba dengan menggeser-geser posisi juga sangat mempengaruhi dari pada sinyal yang didapat dan juga kecepatan transfer datanya. Dan berikut adalah hasil capture speed test lokal server (Server Gedung Cyber Lt. 5) setelah modem dicemplungkan dengan kaleng bekas. (posisi dalam kamar tertutup, hanya mengandalkan celah-celah plafon)

Yeah.. I got that speed 1,56 Mbps, padahal sebelumnya boro-boro 1 Mbps, konek aja nggak..zzZzz… ^^a
Speed juga sudah di tes dengan mencoba download file serta mencoba streaming video ke Youtube, hasilnya memuaskan ;D, data transfer rate stabil seputaran 90-101 Kbps (terkadang dapet sampe 2 Mbps lhoo..), padahal menurut penuturan Cust Service Indo*** Depok adalah daerah yang sudah padat pengguna produk mereka, sampai-sampai mereka pun me-rekomendasikan operator lain sebagai jasa internet broadband alternatif.

Dan berikut implementasinya..

lucu, ekstrim, kocak, gembel, whatever… yang penting menaikkan gain sinyal, koneksi untuk Transaksi banking pun menjadi lumayan cepat, proses input data, printing passbook, validasi, It works!! mungkin klo memasangnya presisi mampu hingga 11 dBi, dengan cara seperti ini minimal 8 dBi laah.. hihihi..
Oia satu kelemahan, hati-hati jika terlalu lama akan panas, karena sifat sinyal Microwave yang terfokus powernya akan memberikan efek panas, bahayanya Modem anda bisa meletus makanya diakalin dengan kipas angin, minimal udara dijaga lebih sejuk. Bedanya dalam implementasi yaitu dengan membuat lubang kecil berada disamping kaleng dan jarak sekitar 4-7 cm dari penampang dasar kaleng yang tertutup lalu modem diposisikan seperti pada gambar (posisi modem melintang didalam), Selamat Mencoba
==Test disini moga2 ada perubahan.==
untuk mengetest koneksi  ini ane kasih link nya sama kyk yg difoto.

http://fajar.uii.net.id/bandwidthmeter/meter.php


Comments
  1. Rachmatullah says:

    wkwkwk… aneh bener… kerjaannya otak kanan nih…🙂 boleh ni ntar kucoba..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s